selamat datang di blong yang sederhana ini

Masukkan Code ini K1-9F64DE-5
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Kamis, 29 April 2010

Model Jaringan Komputer

Beberapa komputer yang digabungkan sehinga membentuk suatu keterkaitan dengan sifat dan tujuan pengabungan yang tertentu dinamakan sebagai jaringan komputer(computer network).Teknologi yang di terapkan dalam pengambungan ini bermacam-macam dengan karakteristik yang sama maupun berbeda dengan kelebihan maupun kekurangan.Untuk memahami hal ini di perlukan penjelasan tentang konsep jaringan.

Berdasarkan organisasi pengabungan antara setiap komputer dibedakan teknik pengabungan logis (secara fisik tidak harus disambungkan seperti yang dimaksud)dengan jenis organisasi (topologi)berikut;

Model jaringan komputer serial/bus(Bus Topology)komputer dianggap tersambung secara berderet lurus(serial).Merupakan standar enthernet/IEEE802.3.
Model jaringan komputer cincin(Ring Topology);setiap komputer dianggap tersambung secara berderet melingkar,merupakan standar token ring /IEEE802.5.
Model jaringan komputer bintang (star Topology);setiap komputer dianggap tersambung secara terpusat dengan satu titik (node)pusat sebagai pengontrol(secara fisik ,jaringan cincin dapat diterapkan seperti ini dengan dedicated/switching hub sebagai pengontrol pusat sehingga secara logis komputer -komputer tersebut dianggap tersambung secara melingkar).
Model jaringan komputer bercabang(tree Topology);Setiap komputer dianggap tersambung secara serial dengan pencabangan sruktur seperti pohon (secara fisik jaringan serial/bus dapat di bentuk dengan beberapa titik pencabangan,sehingga komputer dapat terhubung secara nurni)

Sedangkan berdasarkan besar kecilnya suatu model jaringan komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut
Jaringan daerah lokal(LAN;Local Area Network);meliputi beberapa komputer yang berada berdekatan maupun yang berjauhan sampai dengan jarak beratus meter (dalam satu ruang,antar ruang dalam satu gedung,di anatara gedung)
Jaringan daerah kota (MAN;Metropopitan Area Network);teknik pengabungan yang meliputi daerah yang cukup luas (diantara gedung dalam satu kota),bagi jarak yang jauh WAN memerlukan penyaluran data dengan teknologi transmisi yang berbeda dengan LAN.
Jaringan daerah luas/lebar (WAN;Wide Area Network);teknik pengabungan yang meliputi daerha yang luas dan amat luas(antar kota,anatar negara,anatar benua,mendunia)dengan menfaatkan berbagai jenis teknolog telekomunukasi.

Kerena ragam teknologi trasmisi yang dilibatkan tidak jauh berbeda,saat ini jaringan MAN dianggap sama dengan jaringan WAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar